Friday, May 15, 2009

MODUL PEMBELAJARAN OTOMOTIF SMK

MOHON MAAF MODUL PEMBELAJARAN OTOMOTIF TIDAK DI PUBLIKASIKAN
JIKA BERMINAT BISA MENGHUBUNGI 08113464031

UPJ (UNIT PELAYANAN JASA) DEPARTEMEN OTOMOTIF SMK NEGERI 1 TUBAN
MELAYANI
1. BODY REPAIR (PENGECATAN MOBIL)
2. PEMBUATAN TRALIS
3. PEMBUATAN PAGAR
4. TUNE UP
5. OVERHOUL MESIN
6. GANTI OLIE
7. SERVIS MOBIL DAN SEPEDA MOTOR

JUGA MELAYANI MEDIA PEMBELAJARAN OTOMOTIF

1. ENGINE STAND (BNESIN, DIESEL, EFI)
2. DEFERENTIAL STAND
3. CHARGING STAND
4. START STAND
5. IGNITION STAND
6. ELECTRICAL STAND
7. DRIVER CAR

BISA BERLANGGANAN DENGAN HARGA BERSAING

No comments:

rtikel-Artikel otomotif

Tujuan Perawatan Berkala
Sebuah kendaraan dikonstruksikan dari sejumlah besar part,
yang dapat aus, melemah atau berkarat sehingga menurunkan
performa, tergantung pada kondisi atau jangka waktu penggunaan.
Oleh karena itu, part-part tersebut memerlukan perawatan
berkala, kemudian penyetelan atau penggantian
guna memelihara performanya.
Dengan melaksanakan perawatan berkala, hal-hal berikut
dapat dicapai, sehingga meningkatkan kepercayaan dan
ketenangan pelanggan:
1. Masalah yang lebih besar dengan kendaraan yang mungkin
muncul di kemudian hari dapat dihindari.
2. Kendaraan dapat dipelihara dalam kondisi yang sesuai
dengan peraturan hukum yang berlaku.
3. Kendaraan menjadi lebih awet.
4. Pelanggan dapat menikmati pengendaraan yang
ekonomis dan aman.
Tujuan Perawatan Berkala
(1/3)
(2/3)
Jadual Perawatan
• Item-item perawatan berkala dan interval service ditulis
pada tabel jadual di buku Pedoman Pemilik, Pedoman
Pemilik Tambahan atau Warranty Booklet, dll.
• Jadual perawatan dirangkum berdasarkan faktor-faktor
ini: model, umur, negara tempat digunakan, atau bagaimana
menggunakan (kondisi) kendaraan.
T, R, I, A, L mewakili simbol-simbol pekerjaan perawatan.
T=Kencangkan ke momen spesifikasi
R=Ganti
I=Periksa atau ganti bila perlu
A=Periksa dan/atau setel bila perlu
L=Lumasi
Interval service
Interval service ditentukan berdasarkan jarak tempuh dan
jangka waktu yang telah dilampaui sejak service sebelumnya.
Sebagai contoh, bila jadual perawatan untuk part tertentu
adalah 40,000 km atau 24 bulan, maka perawatan jatuh
pada salah satu kondisi di atas. Oleh karena itu, kendaraan
perlu di service setelah :
Berkedara 40,000 km/12 bln. ( ) setelah service sebelumnya
atau pengendaraan 5,000km/24 bulan ( ) setelah service
sebelumnya.
Bila kendaraan digunakan pada kondisi berikut ini, maka
perlu dilakukan perawatan yang lebih sering:
1. Kondisi Jalan
Jalan yang kasar atau sangat berlumpur, jalan dimana
salju meleleh, jalan yang sangat berdebu.
2. Kondisi Pengendaraan
(1) Kendaraan digunakan untuk menarik gandengan, atau
menarik kendaraan kemah.
(2) Kendaraan yang digunakan untuk jarak pendek 8 km secara
berulang-ulang pada temperatur dibawah titik beku.
(3) Kendaraan patroli polisi, taxi atau kendaraan pengantar
dari rumah ke rumah, yang dibiarkan idling selama jangka
waktu lama atau yang menempuh jarak tambahan pada
kecepatan rendah.
(4) Kendaraan yang dikendarai lebih dari 2 jam pada kecepatan
tinggi (80% kecepatan menggunakan kecepatan maksimum
kendaraan)
Kendaraan yang dikendarai pada jalan kasar
Kendaraan yang dikendarai pada kecepatan tinggi
Kendaraan kemah